Atas Banyak Hal, Terima Kasih!

Standard

Adalah angin yang berdiri di ratusan kilometer dari tempatku berada, hingga nekat meniup-niup helai rambutmu. Adalah matahari yang teriknya membuatku berusaha melihat sekeliling dengan keras, yang dengan sinarnya yang sama menjadi penghangat setelah kamu kedinginan. Adalah bumi yang sama di tempat kita berpijak, di atas tanah yang sama tapi terbentang memanjang.

Namamu sederhana: Rica Leyona. Dua kata. Beda dengan milikku, yang perlu waktu lama melingkari lembar jawaban komputer saat ujian.

Tapi bukan dari nama saat akhirnya aku melihatmu—melihat sebuah bintang di tumpukan bintang lainnya, yang terangnya tidak semenyilaukan orang-orang lain. Maksudku, bagaimana bisa orang-orang melewatkanmu? Begini cerahnya setiap sisimu, namun diabaikan gelombang pendukung.

1

Adalah kamu yang membuatku berhenti sejenak dari tumpukan buku, sekedar untuk melihat bagaimana sebenarnya kelompok yang membesarkan namamu itu. Ada puluhan gadis, iya kan? Pantas saja aku tak henti melihat lelaki menatap dengan mata berbinar pada setiap poster dengan nama itu. Ada puluhan sinar terang benderang yang ditawarkan. Ada puluhan senyum menawan tak terelakkan. Ada puluhan gaya yang sungguh bagaikan role model. Ada puluhan momen yang membuat siapapun ikut bahagia.

Aku wanita juga, usianya setahun di bawahmu. Awalnya kupikir semua orang akan bilang, bahwa akan sangat aneh jika aku menikmati kelompokmu yang dulu itu. Toh kita sama-sama perempuan, kenapa aku harus menyukai kelompok perempuan juga?

Tapi aku tak menemukan cela dalam keinginan berdiri di belakangmu. Kamu, yang seringkali berdiri di barisan belakang, lambat laun menjadi salah satu pusat rotasi semangatku.

translator

page

PhotoGrid_1404086120258

ricas

ricccc

rff

Bukannya aku selalu ada di sana—aku tinggal tidak dalam jarak satu jengkal denganmu. Pada acara besar dari kelompokmu dulu pun aku tak kunjung bertemu waktu yang dengan baik hati mengijinkanku pergi. Hampir selalu, layar kaca menjadi teman yang membiarkanku mencarimu di antara gadis-gadis lainnya.

Kamu sendiri bahkan pernah bilang bahwa pendukungmu sedikit, namun mereka setia. Tidakkah kamu tau, menjadi salah satu dari pendukungmu sungguh sangat berarti? Ada banyak pelajaran saat berdiri di belakangmu. Ada banyak nasihat yang datang dan memberi pengalaman. Ada banyak semangat, setiap kali melihatmu juga berjuang di balik sana.

Saat akhirnya kamu memutuskan “pulang”, aku—seperti biasa—hanya menatap nanar dari layar kaca. Tidak ada air mata yang jatuh, pertama kali. Hanya ada rasa kosong yang tahu-tahu menyeruak, menyampaikan bahwa sesungguhnya kamu berjasa.

Sayangnya, ternyata ada air mata, ya. Saat kamu berdiri di depanku lagi, di hari terakhir sebagai bagian dari kelompok itu, mataku tak tahu lagi bagaimana caranya berkompromi. Dadaku sesak dalam sepersekian detik. Untuk bertemu denganmu saja butuh waktu dan kesempatan yang lewat berkali-kali begini, tapi kamu sudah memutuskan pergi?

Pada akhirnya aku tahu: keputusanmu adalah satu-satunya hal yang tepat atas apa yang kamu mau lakukan. Menjadi salah satu orang di belakangmu merupakan hal penting yang tidak bisa dilupakan.

Untuk setiap keringat yang menetes saat kamu berlatih,

Untuk setiap rasa sakit yang kamu tahan,

Untuk setiap tangis yang turun tiba-tiba,

Untuk setiap kesedihan yang tak tahu waktu,

Untuk setiap kegagalan yang kamu sesali,

Untuk setiap kebersamaan yang kamu tunjukkan pelan-pelan,

Untuk setiap senyum yang kamu bagi,

Untuk setiap rasa optimis yang kamu punya,

Untuk setiap waktu yang kamu beri untuk “membaca” kami,

Untuk setiap keyakinan atas orang-orang di sekelilingmu,

Untuk setiap pelukan yang kamu kirim,

Terima kasih.

ricantik 

Selamat berkarya, Rica Leyona! Kami tunggu kejutan darimu kelak! ^^

Advertisements

One thought on “Atas Banyak Hal, Terima Kasih!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s